Welcome to My Blog

Blog ini hanya untuk berbagi bersama teman-teman berupa informasi. Kumpulan artikel ini didapat dari beberapa sumber yang dapat dipercaya.Tujuan dibuatnya blog ini adalah untuk meringkas informasi yang anda butuhkan.

Radang Setelah Menyentuh Sesuatu

Diposting oleh INFORMASI Senin, 20 Juli 2009


Setelah membaca mengenai eksema pada artikel berjudul Mengurangi Rasa Gatal akibat Eksema, kini Anda akan mengenal jenis dermatitis lainnya, yakni contact dermatitis.
Sesuai dengan namanya, peradangan pada kulit ini disebabkan oleh kontak langsung dengan substansi tertentu. Substansi itu dibedakan dalam dua kategori, yakni jenis alergen (penyebab alergi) atau iritan (penyebab iritasi).
Dikenal pula peradangan bernama photocontact dermatitis, yakni contact dermatitis yang terjadi ketika alergen dan/atau iritan bersentuhan dengan kulit yang terkena sinar matahari.
Beberapa substansi penyebab contact dermatitis yang teridentifikasi sejauh ini adalah deterjen atau sabun berformula keras, produk pembersih kulit, kosmetik, deodoran, kain atau sepatu berbahan tertentu, produk pembersih rumah tangga, bahan-bahan kimia (seperti formaldehyde), bahan karet atau latex, logam, perhiasan, parfum, rumput atau tanaman tertentu, serta losion bersifat medis (biasanya yang bersifat antihistamin, antibiotik, atau antiseptik).

Apa beda alergen dan iritan dalam kasus contact dermatitis ini?
Bersentuhan sedikit saja dan sebentar saja dengan alergen akan memicu contact dermatitis. Sementara, iritan menjadi "penjahat" ketika bersentuhan dalam durasi yang panjang dan jumlah yang banyak. Beberapa substansi di atas bisa berperan ganda, yakni sebagai alergen sekaligus iritan.

Bagi penderita jenis dermatitis ini, kontak dengan alergen dan/atau iritan di atas akan memicu kemunculan gejala-gejala berikut:
• Ruam atau benjol merah. Ruam hanya pada bagian yang kontak dengan iritan/alergen.
• Gatal, bahkan bisa menjadi sangat parah.
• Area kulit tersebut memerah dan kering, terlihat seperti luka bakar.
• Kantong kulit yang berisi cairan. Ini terjadi pada contact dermatitis parah.
Lalu, bagaimana cara merawat contact dermatitis?
Contact dermatitis dapat diatasi dengan baik apabila penyebabnya dapat diidentifikasi. Biasanya, setelah menghindari alergen dan/atau iritan penyebabnya, maka dermatitis ini akan sembuh dalam dua hingga empat minggu.

High-Desert selalu berusaha menganjurkan tindakan pencegahan. Untuk penderita contact dermatitis, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
• Gunakan deterjen atau sabun berformula ringan.
• Gunakan sarung tangan saat harus bersentuhan dengan peralatan pembersih rumah tangga.
• Kompres area kulit yang meradang dengan menggunakan perban basah. Tindakan ini akan mengurangi rasa gatal di bagian tersebut.
• Oleskan HD Aloe Propolis Cream. Krim ini akan membantu mengurangi peradangan, mempercepat proses penyembuhan, sekaligus mencegah luka membekas.
• Bersihkan kulit Anda dengan HD Royale Shower Gel, segera setelah kontak dengan iritan/alergen. Ini akan membuang unsur-unsur yang bisa mengiritasi atau menimbulkan alergi. Setelah itu, pastikan Anda membilas kulit Anda dengan sangat bersih.
• Oleskan HD Royale Hand & Body Lotion untuk melindung kulit. HD Royale Hand & Body Lotion akan bertindak sebagai pelapis kulit sekaligus menutrisi kulit Anda.




0 komentar

Posting Komentar

Kotak Saran Dan Pertanyaan


PEMASANGAN IKLAN FREE SELAMA SATU MINGGU(TIDAK MENGANDUNG SARA)